Selasa, 08 Juli 2014

The Bodyguard

Apakah anda menyadari bahwa saat ini manusia menjadi semakin kreatif dari hari ke hari? Bukti konkritnya adalah semakin banyak lapangan pekerjaan yang terbuka dari berbagai aspek kehidupan yang mungkin sebelumnya sama sekali tidak terpikirkan oleh kita.
Salah satu contohnya adalah berbagai produk yang dulu hanya dijual melalui pasar atau toko, saat ini bisa diperjual belikan melalui internet.Modal yang dibutuhkan pun tidak hanya uang, melainkan juga kepercayaan. Hal ini dikarenakan orang yang bertransaksi lewat internet biasanya sama sekali tidak mengenal satu sama lain. Bahkan, mereka biasanya juga berdomisili di tempat yang berjauhan.
Lebih lanjut, tahukah anda bahwa saat ini ada beberapa perusahaan yang khusus menawarkan jasa petugas keamanan sebagai bisnis mereka? Mungkin memang belum banyak yang mengetahui, akan tetapi banyak orang yang saat ini memang menjual atau menawarkan fisik mereka untuk menjadi petugas keamanan.
Jasa keamanan sering dikaitkan dengan satpam.Tapi sebenarnya, jasa penyedia keamanan mempunyai basis kerja yang jauh lebih luas dari sekadar menjadi satpam. Kalau ingin melihat jasa penyedia keamanan dalam lingkup yang lebih luas, film Bodyguard yang dibintangi oleh Whitney Houston dan Kevin Costner mungkin cukup memberikan gambaran. Beberapa Hal tentang Petugas Keamanan
Sebuah perusahaan yang memberikan jasa keamanan biasanya akan dipenuhi oleh laki-laki dengan tubuh tegap tinggi dan berotot, berkepala plontos atau berambut cepak, berkaca mata hitam dengan alat komunikasi yang melekat di telinga.
Ciri-ciri di atas adalah beberapa contoh bodyguard yang biasanya kita saksikan di televise. Para bodyguard seperti contoh di atas biasanya memakai baju yang rapi dan menjaga orang-orang yang berduit dan terkenal.
Akan tetapi, jauh dari bodyguard, ada pula jasa penyedia keamanan yang sangat sering kita temui di kehidupan kita.Ya.Satpam atau satuan pengamanan adalah contoh jasa bodyguard yang dekat dengan kehidupan kita.
Memang banyak dari kita yang berpikir bahwa para satpam yang sering kita temui di hotel, bank, dan juga pusat perbelanjaan itu adalah karyawan yang direkrut oleh tempat tempat usaha tersebut.Padahal, saat ini kebanyakan tempat usaha langsung meminta pasokan satpam dari perusahaan yang memang menyediakan jasa keamanan.
Mengapa begitu?Karena dengan mengambil satpam dari penyedia jasa keamanan, perusahaan yang membutuhkan satpam tidak perlu lagi melatih para calon satpam tersebut dengan berbagai keahlian dasar yang harus dimiliki oleh para petugas keamanan.
Dengan adanya penyedia jasa petugas keamanan, bisa dipastikan anggaran yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut akan bisa dipangkas. Bukan hanya itu, dengan satpam yang disediakan oleh jasa penyedia keamanan, perusahaan hanya perlu menyetor sejumlah uang setiap bulannya, bukan memberikan gaji secara personal kepada para satpam tersebut. Pemakai Jasa Keamanan
Bila di daerah perumahan biasanya para petugas keamanan ini disebut satpam. Mereka akan selalu berpatroli secara periodik dan menanyakan identitas setiap orang yang dianggap asing yang akan masuk ke kompleks perumahan, tapi sistemnya borongan. Dalam artian bahwa satpam kompleks menjaga keamanan seluruh kompleks tidak secara spesifik menjaga rumah tertentu.
Tidak dengan jasa keamanan khusus yang mendapat tugas menjaga seorang selebritas, misalnya. Mereka akan senantiasa selama 24 jam selagi masih disewa akan menemani sang selebritas ke mana pun dia pergi. Kamar tidurnya pun akan dijaga. Para bodyguard tersebut hanya akan mengikuti kemauan siapa yang membayarnya dan melakukan tugasnya dengan baik dan disiplin penuh.
Para bodyguard ini memang dilatih untuk itu.Mereka pun mempelajari ilmu kejiwaan walaupun tidak mendetail secara teori, tapi langsung pada aplikasinya. Mereka tahu harus berbuat apa bila terjadi suatu kasus. Pelatihan yang tidak hanya pembentukan fisik ini benar-benar menjadikan seorang bodyguard mampu menjaga targetnya.Bahasa sandi dan strategi penjagaan pun harus mereka kuasai.
Jadi, menjadi bodyguard tersebut tidak semudah yang dibayangkan.Taruhannya adalah nyawa mereka ataupun nyawa orang yang mereka jaga.Tugas yang berat inilah yang membuat jasa penyedia keamanan menjadi agak mahal dan tidak semua orang bisa menyewanya. Perusahaan Jasa Keamanan
Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa layanan keamanan berupa regu satpam yang ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang menyewanya adalah PT Cakra Mandiri Perkasa yang berlokasi di Depok.Perusahaan ini sudah mendapatkan izin dari pihak-pihak yang berwenang.
Perusahaan ini mempunyai kurikulum tersendiri dalam mendidik para calon satpamnya. Para calon satpam tersebut sudah dilatih bagaimana menjaga gudang, kantor, mal, tempat umum, dan lain-lain. Mereka pun dilatih bagaimana menghadapi demo karyawan dan kerusuhan lainnya.
Lain lagi dengan PT Brigass Tri Lanang Security yang digawangi oleh Pius Lustri Lanang.Jasa keamanannya sering diminta oleh orang-orang berduit negeri ini. Mereka adalah orang-orang yang mampu membayar Rp2,5 juta – Rp3,5 juta per bulan untuk setiap pengawal yang disewanya. Tujuan dari pengawalan tersebut semau sama, demi keselamatan jiwa sang penyewa.
Untuk jasa pengamanan yang lebih canggih yang biasanya disewa oleh perusahaan asing, harganya bisa mencapai $300 - $500 dolar Amerika per harinya.Mahalnya harga sewa ini sepertinya setimpal dengan kerja dan risiko yang ditanggung oleh para bodyguard tersebut.
Jasa layanan keamanan ini ternyata cukup kompleks juga. Selain alat yang canggih yang tentunya harus mempunyai izin dari Kepolisian karena menyangkut penggunakan senjata tajam, juga ada bidang lain yang menopang keberlangsungan bisnis satu ini. Jasa lain yang diberikan, misalnya:
jasa konsultasi keamanan ( security consultancy );
penerapan peralatan keamanan ( security devices );
pendidikan dan latihan keamanan ( security training and education );
kawal angkut uang dan barang berharga ( cash in transit );
penyediaan tenaga pengamanan ( guard services );
bantuan penyelamatan ( rescue services ).
Selain hal-hal tersebut, beberapa penyedia jasa keamanan rupanya juga mempunyai standarisasi yang jelas terhadap masing-masing anggota yang dimilikinya. Beberapa hal standaratau umum yang harus dipenuhi biasanya berupa usia yang tidak lebih dari 43 tahun, tinggi badan yang minimal tidak kurang dari 168 cm, berat badan ideal dan juga merupakan sosok yang mempunyai sifat kreatif dan inovatif.
Bukan hanya kemampuan umum, tenaga keamanan yang disediakan oleh perusahaan jasa layanan keamanan biasanya juga mempunyai kemampuan khusus yang sangat penting seperti beladiri, yang akan berguna jika ada orang-orang yang dianggap membahayakan.
Selain itu, tenaga security pun biasanya telah dilatih dasar-dasar pemadam kebakaran. Hal ini memang sangat penting, mengingat saat alarm peringatan terhadap kebakaran, kebanyakan orang akan sangat panik dan cenderung tidak bisa berpikir jernih. Karena itulah, satpam yang mempunyai dasar-dasar pemadam kebakaran diharapkan akan dapat bertindak dengan cepat dan tepat.
Tidak hanya itu, ada satu kemampuan lagi yang sangat penting untuk dimiliki oleh para petugas keamanan.Tahukah anda apakah kemampuan khusus tersebut?Ya.Kemampuan khusus tersebut adalah dalam hal penanggulangan terror bom.
Pasti kita telah mengetahui bahwa saat ini sangat sering ada terror bom pada tempat-tempat yang ramai dan sering dikunjungi oleh masyarakat.Karena itulah, dasar penanggulangan terror bom sangat penting untuk menjadi bekal para tenaga keamanan.
Akan tetapi, mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa baru-baru ini diketahui adanya jasa penyedia keamanan illegal yang berbasis internet.Situs tersebut tanpa tedeng aling-aling menawarkan jasa pembunuh bayaran.Jasa semacam itu tentunya merupakan hal yang mengejutkan.
Kita tentunya sama-sama menyadari bahwa memang penataan media internet di negara kita belum mencapai titik yang sempurna.Banyak celah rupanya telah dimanfaatkan oleh para orang-orang yang mempunyai usaha di bidang yang berbahaya, seperti jasa pembunuh bayaran tersebut.
Lebih lanjut, akan diminati atau tidak jasa pembunuh bayaran seperti yang ada pada saat ini tentu akan kembali kepada masing-masing orang. Jika semua orang mau mencoba menyelesaikan masalahnya dengan kepala dingin, pasti jasa layanan keamanan yang illegal seperti itu tidak akan lagi ada. Jadi, mari kita bantu pemerintah untuk membasmi hal-hal buruk yang berkenaan dengan jasa keamanan illegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar