Jumat, 25 Juli 2014

Amati Perubahan Janin Di Saat Kehamilan Anda

Perubahan janin butuh memperoleh perhatian spesial untuk calon ibu. Bagaimana persiapan Anda menantikan kelahiran sang buah hati? Tak hanya menyiapkan diri dengan menambah konsumsi gizi dan melindungi kesehatan, Anda pasti mulai membaca referensi-referensi tentang perubahan janin di rahim. Kehamilan dihitung mulai sejak hari pertama saat menstruasi paling akhir seseorang wanita, walau janin belum berkembang sampai terjadinya pembuahan.
Perubahan janin pada saat awal kehamilan belum berkembang, lantaran setiap saat wanita alami menstruasi, badan sudah menyiapkan diri untuk kehamilan. Oleh karenanya, utama untuk Anda untuk mencatat tiap-tiap periode menstruasi yang Anda alami, agar nanti Anda dapat lihat perubahan janin dari saat ke saat.
Untuk calon ibu, bukan sekedar lakukan persiapan untuk perkembangan anak sesudah lahir saja, perubahan janin sepanjang dalam kandungan juga mesti Anda cermati. Dalam medis, wanita hamil dimaksud dengan gravida Bayi yang dikandungnya dimaksud embrio (pada masa-masa awal kehamilan), serta setelah itu dimaksud janin (sampai saat kelahiran).
Saat kehamilan dibagi jadi dua, yakni saat gestasi serta saat fetus. Saat gestasi yaitu fase kehamilan dimulai dari periode menstruasi paling akhir. Sedang Saat fetus yaitu fase perkembangan bayi yang sesungguhnya. Jadi dengan cara garis besar perubahan janin dapat kita tengok dari ke dua fase itu.
Biasanya rekomendasi perubahan janin didasarkan pada saat gestasi dari pada saat fetus. Perubahan janin dapat juga dibagi menurut trimester, dengan semasing trimester berkisar pada 12-14 minggu atau lebih kurang 3 bln.. Bagaimana perubahan janin di setiap trimester itu?
Trimester pertama perubahan janin berjalan pada minggu pertama sampai minggu ketiga belas.
Trimester ke-2 perubahan janin berjalan sampai akhir minggu ke-2 puluh enam.
Trimester ketiga perubahan janin selesai seputar minggu ketiga puluh delapan sampai minggu ke empat puluh dua.
Tetapi sekian, perubahan janin untuk tiap-tiap kehamilan bisa tidak sama dalam soal ukuran janin. Tersebut info perubahan janin yang dibagi berdasar trimester, diawali dari trimester pertama sampai trimester ketiga. Perubahan Janin Trimester Pertama, Minggu ke-1 Sampai Minggu ke-13
Minggu 1 serta 2. Perubahan janin saat awal berbentuk menstruasi yang barusan selesai, serta badan Anda siap alami ovulasi. Untuk beberapa besar wanita, ovulasi berlangsung pada 11-21 hari sesudah hari pertama menstruasi paling akhir.
Waktu terkait tubuh, beberapa ratus juta sperma masuk ke dalam vagina. Sperma menembus serviks serta tuba falopi Sperma keluarkan enzim yang bisa menembus susunan pelindung sel telur. Bila satu diantara sperma sukses menembus sel telur, maka bakal berlangsung pergantian kimiawi yang menghindar sperma lain masuk sel telur. Bila berlangsung pembuahan, sperma masuk ke dalam sel telur lalu membelah jadi satu set diisi 46 kromosom yang dimaksud zigot.
Telur yang sudah dibuahi ini selalu jalan menuju rahim sembari membelah diri jadi beberapa sel bernama morula. Morula lalu jadi blastosis yang selesai di rahim. Enam sampai dua belas hari sesudah pembuahan, blastosis bakal melekat pada dinding rahim serta dimulailah fase perubahan janin, yang dimaksud embrionik
Minggu 3. Perubahan janin di minggu ke-33 ini diperlihatkan dengan e mbrio mulai tumbuh membuat sisi otak, tulang belakang, jantung, serta saluran pencernaan.
Minggu 4 serta 5. Perubahan janin pada minggu ke-4 serta minggu ke-5 berbentuk tunas lengan serta kaki mulai terlihat. Jantung mulai berdetak. Plasenta mulai terbentuk serta menghasilkan hormon utama, terhitung HCG. Susunan basic telinga serta mata mulai terbentuk.
Minggu 6. Formasi paru-paru, rahang, hidung, serta rongga mulut mulai terbentuk. Tunas pada tangan serta kaki mulai terpisah yang nantinya bakal jadi jari tangan serta kaki. Perubahan janin di minggu ke-6 ini dapat ditandai dengan otak mulai tumbuh jadi sisi yang lebih kompleks. Pada minggu ini, USG vaginal bisa mendeteksi detak jantung embrio. Embrio memiliki ukuran seputar 1cm.
Minggu 7. Perubahan janin pada minggu ini masuk fase utama, yakni pembentukan organ-organ esensial didalam badan super mungilnya. Folikel rambut, bulu mata, serta lidah mulai terbentuk. Siku serta jari kaki mulai terlihat lebih terang lantaran cabang tunas makin memanjang.
Minggu 8. Perubahan janin ditandai dengan telinga selalu berkembang dengan cara internal serta eksternal. Seluruhnya yang ada di badan manusia dewasa saat ini ada di embrio ini. Tulang mulai terbentuk, serta otot mulai berkontraksi. Muka embrio jadi lebih detil, serta kelopak mata lebih tampak. Embrio ada pada saat akhir fase embrionik serta selekasnya masuk fase janin. Embrio memiliki ukuran seputar 2, 5cm.
Minggu 9-13. Perubahan janin pada minggu ini jadi tambah seputar 7, 5cm. Alat kelaminnya mulai terbentuk, tetapi belum tampak terang lewat USG. Kelopak matanya tetap tertutup serta baru bakal terbuka pada minggu ke-28. Janin mulai bisa mengepalkan tangan serta tunas gigi mulai terlihat. Besar kepalanya separuh dari besar janin. Perubahan Janin Trimester Ke-2, Minggu ke-14 Sampai Minggu ke-26
Minggu 14-16. Kulit janin terlihat transparan serta rambut halus bernama lanugo mulai terbentuk di kepalanya. Janin mulai mulai menyedot serta menelan sedikit cairan amnion. Perubahan janin di minggu ini diantaranya terbentuknya sidik jari serta kelenjar keringat. Janin mulai bergelung serta memutar badannya. Janin memiliki ukuran seputar 15cm.
Minggu 17-20. Ibu makin rasakan gerakan bayi. Alis serta bulu mata sudah tumbuh, demikian juga dengan kuku di jari tangan serta jari kaki. Perubahan janin pada organ kulit mulai lebih kompleks, ditandai dengan terbentuknya vernix. Vernix yaitu substansi yang membuat perlindungan kulit janin dari cairan amniotik Detak jantung janin bisa didengar dari stetoskop Panjang janin meraih 20cm.
Minggu 21-23. Saat ini lanugo menutupi semua sisi badan janin. Perubahan janin mulai mirip bayi lantaran kulitnya telah tak demikian transparan. Lemak di kulit juga mulai terbentuk. Seluruhnya komponen mata sudah berkembang. Perubahan janin utama yang lain di minggu ini yaitu hati serta pankreas yang mulai tumbuh kompleks. Pada minggu ini panjang janin seputar 25-27 cm.
Minggu 24-26. Kalau janin keburu lahir prematur pada minggu ini, ia bisa bertahan hidup dengan pertolongan tehnologi. Janin mulai mempunyai saat tidur serta terjaga yang teratur sehari-harinya, serta ibu bisa rasakan hal semacam ini. Saat tidur janin tambah lebih lama dari pada saat terjaganya. Janin mulai bisa terperanjat. Perubahan janin utama yang lain yaitu kantung hawa di paru-paru yang mulai terbentuk, otak yang berkembang cepat, serta system saraf yang sudah dapat mengontrol fungsi-fungsi. Saat ini, janin memiliki ukuran seputar 35cm. Perubahan Janin Trimester Ketiga, Minggu ke-27 Sampai Minggu ke-40
Minggu 27-32. Janin mulai tumbuh dengan cara penuh, terlebih pada bobotnya lantaran menaruh lemak pada badan. Janin memiliki ukuran 38-43cm. Perubahan janin pada paru-paru belum masak benar, tetapi irama pernapasan telah mulai teratur. Tulang sudah berkembang prima walaupun tetap lunak. Janin saat ini menaruh kalsium, besi, serta fosfor didalam badannya sendiri. Kelopak mata janin telah terbuka.
Minggu 33-36. Inilah masa-masa janin mulai memutar posisi kepalanya ke bawah untuk persiapan kelahiran. Bobot janin berkembang cepat. Lanugo mulai menghilang. Saat ini janin memiliki ukuran 40-48cm.
Minggu 37-40. Masa-masa penantian calon ibu bakal selekasnya selesai. Perubahan janin sudah prima. Pada minggu ke-38, janin sudah berkembang penuh serta siap lahir. Kemungkinan calon ibu mulai rasakan penurunan gerakan janin lantaran ruangan gerak janin makin sempit dengan pertambahan ukuran janin.
Kuku janin sudah tumbuh panjang serta butuh selekasnya dipotong sesudah lahir. Puting janin sudah terlihat prima, apapun type kelaminnya. Sang ibu berikan bayi antibodi untuk perlindungan pada penyakit. Seluruhnya organ sudah berkembang prima dengan paru-paru yang selalu jadi tambah masak sampai waktu kelahiran tiba. Pada fase nyaris lahir ini, janin memiliki ukuran 48-53cm.
Dengan tahu perubahan janin dari minggu ke minggu, sekurang-kurangnya Anda belajar mengerti bagaimana perubahan calon anak Anda sebelum saat lahir ke dunia. Jadi, janganlah anggap sepele saat perubahan janin, terlebih pada saat awal perubahan janin pada trimester pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar